Bapas Kelas II Madiun Adakan Pelatihan Budidaya Jamur Tiram, Ciptakan Klien Pemasyarakatan Terampil dan Mandiri



Klikmadiun.com – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Madiun menggelar kegiatan Bimbingan Kemandirian bagi klien pemasyarakatan binaannya. Bekerja sama dengan Bank BNI, Bapas Kelas II Madiun mengadakan pelatihan budi daya jamur tiram pada Rabu (21/6/2023).


Pelatihan budi daya jamur tiram bagi klien pemasyarakatan ini merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Kemandirian dengan cara memberikan ketrampilan dengan mendatangkan narasumber langsung dari petani jamur tiram asal Magetan.


“Hari adalah kegiatan bimbingan kemandirian dengan memberikan pelatihan budi daya jamur tiram bagi klien pemasyarakatan. Giat ini sebenarnya juga merupakan rencana kegiatan untuk memberdayakan Griya Abipraya yang tengah kami rintis saat ini,”jelas Kasubsie Bimbingan Klien Dewasa, Enny Yuli Widyawati (21/6).


Griya Abipraya sendiri merupakan tempat atau wadah untuk menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan bagi klien pemasyarakatan, yang menampung segala bentuk kegiatan pemberdayaan, sinergitas dan kolaborasi yang ditujukan untuk perbaikan diri dan peningkatan kualitas klien pemasyarakatan.


“Griya Abipraya , nantinya akan kita gunakan untuk bimbingan lanjutan, agar klien pemasyarakatan lebih produktif dan mandiri sehingga lebih percaya diri untuk kembali membaur ke masyarakat luas. Saat ini kita sedang merenovasi Griya Abipraya yang terletak di jalan Panjaitan, Kota Madiun. Nantinya kan digunakan untuk pemberdayaan klien pemasyarakatan,”papar Enny.




Sekitar 50 klien pemasyarakatan tampak antusias mengikuti pelatihan budi daya jamur tiram dengan pemateri oleh tim Thani Jamur Magetan. Bahkan salah satu klien pemasyarakatan mengaku berminat mengikuti pelatihan tersebut untuk memanfaatkan lahan rumahnya yang luas dan tidak terpakai.


“Harapannya klien pemasyarakatan akan lebih mandiri dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya,”pungkasnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama